------------------------------

Daftar 8 Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.
Di Indonesia sendiri, yang merupakan negara kepulauan, terdapat banyak sekali gunung-gunung tinggi yang tersebar dari sabang hingga merauke. Diantara gunung-gunung tersebut, terdapat Gunung Puncak Jaya yang terletak di Pulau Papua yang merupakan Gunung Tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl (meter dari permukaan laut). Puncak Jaya juga merupakan Gunung Tertinggi di Benua Osenia dan termasuk salah satu dari 7 Puncak Tertinggi Dunia (Seven Summits). Berikut Daftar 8 Gunung Tertinggi Di Indonesia :

1. Puncak Jaya (Papua)

Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 5.030 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global.
Puncak ini merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia kawasan Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia.
Ketinggian : 4.884 mdpl
Pulau : Papua
Provinsi : Papua
Sebutan lain : Cartensz Pyramid, Nemangkawi, Ngga Pulu ("Ngga" berarti gunung), Gunung Carstensz, Piramida Carstensz, Puncak Carstensz, Puncak Jayadikesuma, Ndugundugu
Penakluk Pertama : Anton Colijn, Jean Jacques Dozy dan Frits Wissel (Tahun 1936)

2. Puncak Mandala (Papua)

Puncak Mandala (pada masa penjajahan Belanda dikenal sebagai Julianatop atau Puncak Juliana) adalah salah satu gunung di Papua, Indonesia. Dengan ketinggian 4.760 m, Puncak Mandala adalah gunung tertinggi ke-2 di Indonesia setelah Puncak Jaya. Puncak Mandala membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini.
Ketinggian : 4.760 mdpl
Pulau : Papua
Provinsi : Papua
Penakluk Pertama : Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn dan Piet ter Laag (Tahun 1959)

3. Puncak Trikora (Papua)

Puncak Trikora atau Ettiakup merupakan sebuah gunung yang terdapat di Papua Barat, Indonesia. Puncak Trikora mempunyai ketinggian setinggi 4,751 meter, menjadikannya gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Puncak Jaya dan Puncak Mandala. Puncak Trikora mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Di zaman pemerintahan Belanda gunung ini dikenal dengan nama Wilhelminatop (Puncak Wilhelmina).
Ketinggian : 4.750 mdpl
Pulau : Papua
Provinsi : Papua
Sebutan lain : Wilhelmina Peak (digunakan hingga 1963)
Penakluk Pertama : Franssen Herderschee, Hubrecht and Versteeg (Tahun 1913)

4. Ngga Pilimsit (Papua)

Ngga Pilimsit (atau Mount Idenburg, nama yang digunakan pada masa kolonial) adalah gunung yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 4.717 meter. Gunung ini masih berada pada gugusan yang sama dengan gunung-gunung tertinggi di Papua. Ngga Pilimsit berjarak sekitar 13 mil ke arah timut laut dri Puncak Jaya.
Ketinggian :  4.717 mdpl
Pulau : Papua
Provinsi : Papua
Sebutan lain : Mount Idenberg (nama yang digunakan oleh Kolonial Belanda)
Penakluk Pertama : Heinrich Harrer and Philip Temple  (Tahun 1962)

5. Gunung Kerinci (Jambi)

Gunung Kerinci (juga dieja "Kerintji", dan dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua.
Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau.
Ketinggian : 3.805 mdpl
Pulau : Sumatera
Provinsi : Jambi
Sebutan lain : Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura
Penakluk Pertama : Arend Ludolf van Hasselt dan Daniël David Veth (Tahun 1877)

6. Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat)

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.
Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.
Ketinggian : 3.726 mdpl
Pulau : Lombok
Provinsi : Nusa Tenggara Barat

7. Gunung Semeru (Jawa Timur)

Gunung Semeru atau Sumeru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.
Ketinggian : 3.676 meter
Pulau : Jawa
Provinsi : Jawa Timur
Penakluk Pertama : Clignet (Tahun 1838)

8. Gunung Sanggar (Lombok)

Gunung Sanggar berada pada gugusan pegunungan Rinjani ini memiliki ketinggian 3.492 meter di atas permukaan laut. Keindahan Gunung Sanggar seakan kurang tersentuh karena kepopulerannya yang masih kurang dibandingkan dengan Gunung Rinjani.
Ketinggian : 3.564 meter
Pulau : Lombok
Provinsi : Nusa Tenggara Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar