------------------------------

Daftar 8 Hewan Tercepat di Dunia

Seberapa cepat anda dapat berlari? Penelitian menyebutkan bahwa manusia dapat mencapai kecepatan maksimal 40 mil/jam atau sekitar 65 km/jam. Namun rata-rata kecepatan dalam perlombaan lari adalah sekitar 20-25 km/jam atau 12-15 mil/jam. Rekor manusia tercepat saat ini dipegang oleh Usain Bolt dengan kecepatan 44.72 km/jam (27.79 mil/jam).
Meskipun demikian, kecepatan tersebut tertinggal jauh dari kecepatan beberapa hewan-hewan tercepat di planet bumi. Hewan-hewan tersebut meliputi hewan yang bergerak dengan sayap (terbang), bergerak dengan kaki (berlari), hingga yang bergerak dengan sirip (berenang). Beberapa dari mereka dibangun dengan bentuk fisik yang sedemikian rupa untuk membantu mereka baik sebagai predator, bermigrasi, bahkan untuk menghindari predator. Berikut Daftar 8 Hewan Tercepat di Dunia :

1. Peregrine Falcon (322 km/jam)

Burung Peregrine Falcon (Falco Peregrinus) merupakan hewan tercepat yang ada di planet bumi. Kecepatannya ketika berburu secara normal rata-rata mencapai 322km/jam. Ditambah dengan kemampuannya menukik dengan kecepatan tinggi dan penglihatan yang sangat tajam, membuatnya menjadi burung predator yang cukup menakutkan.
Peregrine Falcon memiliki panjang tubuh berkisar antara 35-58cm dengan lebar sayap 80-120cm. Wilayah populasinya meliputi wilayah arktik hingga daerah tropis dan dapat dijumpai hampir di semua daerah di dunia, kecuali wilayah kutub dengan cuaca ekstrim, gunung yang sangat tinggi, dan sebagian besar hutan hujan tropis. Hal ini membuatnya menjadi predator yang paling banyak tersebar di dunia dan merupakan salah satu jenis burung dengan spesies terbanyak yang pernah ditemukan.

2. Golden Eagle (190 km/jam)

Golden Eagle atau Elang emas (Aquila chrysaetos) adalah salah satu burung elang yang berada di Belahan Utara. Seperti semua elang, elang ini masuk kedalam famili Accipitridae. Elang ini menyebar di Amerika Utara, Eropa dan Asia. Burung ini memiliki panjang tubuh lebih dari 1 meter. Elang Emas dilengkapi dengan sayap panjang dan lebar dengan lekukan mirip-jari di ujung sayapnya. Saat elang emas menemukan calon mangsanya, ia mendadak segera menukik sambil sedikit merapatkan sayapnya sehingga kecepatannya bertambah. Kecepatan terbangnya saat menukik bisa mencapai 200 mil/jam, jauh lebih cepat ketimbang saat ia terbang biasa di mana kecepatan maksimalnya hanya 80 mil/jam. Begitu sudah berhasil mencapai posisi mangsanya, burung elang emas kemudian akan menggunakan cakarnya yang kuat untuk menangkap & melukai mangsanya hingga lumpuh atau tewas di tempat.

3. Spine Tailed Swift (171 km/jam)

Spine-tailed swift (Hirundapus caudacutus) merupakan burung pemakan serangga yang sebagian besar berkembang biak di bukit-bukit berbatu di Asia Tengah dan Siberia Selatan. Burung ini membangun sarangnya di celah-celah batu karang di tebing atau di lubang pohon dan memiliki kaki yang sangat pendek yang hanya mereka gunakan untuk menempel pada permukaan vertikal. Spine Tailed Swift juga dikenal menghabiskan sebagian besar hidupnya di udara dan sangat jarang bahkan tidak pernah berada di tanah. Kecepatan terbangnya mencapai 171 km/jam (105 mil/jam). Namun, dalam hal tenaga, Spine Tailed Swift merupakan burung tercepat yang hanya mengandalkan kekuatan kepakan sayapnya untuk mencapai kecepatan maksimum.

4. Frigate Bird (153 km/jam)

Frigate Bird (Fregatidae) secara luas tersebar di sepanjang wilayah Atlantik tropis. Mereka memiliki koloni berkembang biak di pohon-pohon di Karibia, Florida serta di Kepulauan Tanjung Verde. Ini merupakan burung laut yang berkembang biak sepanjang pantai Pasifik Amerika dari Meksiko kemudian ke Ekuador yang juga termasuk Kepulauan Galapagos. Frigate Bird diberkati dengan lebar sayap terbesar berdasarkan rasio berat badan membuat mereka dapat berada di udara dalam waktu yang lama. Frigate Bird mampu terbang dengan kecepatan tertingginya hingga 153km/jam.

5. Spur Winged Goose (142 km/jam)

Spur Winged Goose (Plectropterus gambensis) termasuk dalam keluarga Anatidae, memiliki hubungan dengan angsa atau bebek. Merupakan unggas terbesar di Afrika bahkan di Dunia. Sebagian besar hidup pada lahan basah di seluruh sub-Sahara, Afrika. Rata-rata bisa mencapai tinggi 30-45 inci (75-115 cm) dan berat hingga 5-8 kg. Spur Winged Goose juga melakukan migrasi beberapa ratus kilometer pada saat pergantian musim. Kecepatan terbangnya mencapai 142 km/jam.

6. Black Marlin (130 km/jam)

Black Marlin (Istiompax Indica) merupakan ikan tercepat yang ada di bumi. Kecepatan berenangnya mencapai 130 km/jam, dan mengalahkan Sailfish (Ikan Layar) sebagai ikan tercepat kedua dengan kecepatan 110 km/jam. Ikan Black Marlin juga merupakan Ikan Terbesar dengan ukuran 4,65 meter dan berat 750kg. Ikan Black Marlin biasanya hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

7. Cheetah (120 km/jam)

Cheetah (Acinonyx Jubatus) merupakan hewan tercepat di daratan. Kemampuan berlarinya mencapai 120 km/jam. Cheetah memiliki kaki panjang yang kuat dan membantunya mendapatkan kecepatan ini dalam waktu yang singkat. Cheetah merupakan tipe sprinter yang akan melakukan serangan pada mangsanya dan berusaha melumpuhkannya dalam waktu singkat. Kecepatan yang dikombinasikan dengan kelincahan membuatnya menjadi predator yang merupakan ancaman yang serius bagi mangsanya. Namun, kecepatan dan kelincahannya tidak diimbangi dengan kekuatan. Ia termasuk berukuran tubuh lebih kecil dibandingkan kucing-kucing predator lainnya seperti harimau, singa, dan macan. Jika dalam perburuannya bertemu dengan predator lain, Cheetah akan cepat menyerah dalam hal memperebutkan mangsa. Junlah populasi Cheetah juga semakin menurun dari tahun ke tahun, sehingga perlu dilakukan program yang serius untuk mencegah kucing yang menakjubkan ini mengalami kepunahan.

8. Sailfish (110 km/jam)

Sailfish atau ikan layaran hidup di perairan hangat di semua wilayah lautan di dunia, dan sebagian besar terdapat di laut Atlantik dan wilayah Indo-Pasifik. Sailfish dikenal mempunyai dua spesies yakni Atlantic sailfish (Istiophorus albicans) dan Indo-Pacific sailfish (Istiophorus platypterus).
Bentuk tubuhnya yang panjang hingga 11 kaki membantunya berenang dan menyelam dengan cepat. Kecepatannya mencapai 110 km/jam. Sailfish memanfaatkan kecepatannya berenang untuk melarikan diri dari predator seperti Gurita dan Lumba-Lumba. Sailfish dikenal dengan karakteristik siripnya yang menyerupai layar (sail) yang hanya digunakan saat merasa terancam atau sedang bersemangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar