------------------------------

Daftar 8 Negara Terkecil di Dunia

Bumi yang kita diami ini terdiri dari 200 lebih negara. Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain. Syarat diatas tidak menyebutkan batas minimal ataupun maksimal luas wilayah untuk sebuah negara. Oleh karena itu, terdapat negara-negara dengan luas wilayah yang sangat kecil di dunia, bahkan hingga kurang dari 1km2.  Meskipun demikian, negara-negara dengan luas wilayah kecil dan jumlah penduduk hanya puluhan hingga ratusan ribu ini, mampu berdaulat dan dapat disejajarkan dengan negara-negara dengan wilayah yang luas. Berikut Daftar 8 Negara Terkecil di Dunia :

1. Vatikan (0.44 km2)

Luas : 0.44 km² / 0.17 sq. mi.
Populasi : 826 (sensus 2009)
Lokasi : Roma, Italia
Ibukota : Kota Vatikan
Bahasa Resmi : Italia
Pemerintahan : Gerejawi
- Kepala Negara : Paus - Paus Fransiskus (sejak 2013)
- Kepala Pemerintahan : Presiden - Giuseppe Bertello (sejak 2011)
Mata uang : Euro (€)
Domain Internet : .va
Kode Telepon : +379
Vatikan atau State of the Vatican City merupakan negara berdaulat dengan luas wilayah terkecil di dunia. Vatikan atau Holy Seemerupakan sebuah enklaf yang berada di dalam wilayah kota Roma di Italia. Negara dengan jumlah penduduk 890 jiwa ini terletak di atas bukit di sebelah barat laut kota Roma, beberapa ratus meter dari Sungai Tiber. Vatikan merupakan tempat tinggal Paus dan wilayah Takhta Suci, otoritas pusat Gereja Katolik. Kota Vatikan merupakan kota suci bagi umat Katolik dan merupakan lokasi dari gereja pertama yang dibangun tepat di atas makam Santo Petrus.

2.  Monako (2.02 km2)

Luas : 2.02 km2/ 0.78 sq. mi.
Populasi : 36,371 (sensus 2011)
Lokasi : Côte d'Azur di Eropa Barat
Ibukota : Monaco
Bahasa Resmi : Perancis
Pemerintahan : Kesatuan Konstitutional Kepangeranan
- Kepala Negara : Pangeran – Albert II (sejak 2005)
- Kepala Pemerintahan : Menteri Negara – Michel Roger (sejak 2010)
Mata uang : Euro (€)
Domain Internet : .mc
Kode Telepon : +377
Monako adalah sebuah negara kota berdaulat, yang terletak di Côte d'Azur di Eropa Barat. Berbatasan dengan Perancis di tiga sisi, dan satu sisi berbatasan dengan Laut Tengah, pusatnya adalah sekitar 16 km (9.9 mi) dari Italia, dan hanya 13 km (8.1 mi) dari timur laut Nice, Perancis. Monako mempunyai luas wilayah 2.02 km2 (0.78 sq mi), dan populasi sebesar 36,371, dan membuat Monako menjadi negara kedua terkecil, dan paling padat penduduk di dunia.
Monte Carlo merupakan distrik di Monako yang dikenal dengan kasino atau tempat perjudian yang menarik sejumlah wisatawan setiap tahunnya. Selain itu, Monako juga terkenal dengan ajang tahunan Gran Prix Formula 1, dengan trek yang melewati jalan-jalan kota.


3. Nauru (21 km2)

Luas : 21 km2/ 8.1 sq mi
Populasi : 9,378 (estimasi tahun 2011)
Lokasi : Samudra Pasifik bagian selatan
Ibukota : Yaren
Bahasa Resmi : Nauru, Inggris
Pemerintahan : Republik
- Kepala Negara & Pemerintahan : Presiden – Frederick Pitcher (sejak 2011)
Mata uang : Dollar Australia, AUD
Domain Internet : .nr
Kode Telepon : +674
Republik Nauru, atau sebelumnya dikenal dengan nama Pleasant Island, adalah negara berbentuk republik terkecil di dunia. Negara ini tidak memiliki ibukota resmi. Nauru terkenal dengan hasil produksi fosfatnya yang telah ditambang oleh gabungan perusahaan asing sejak 90 tahun terakhir. Tetangga terdekat Nauru adalah Kepulauan Banaba, Kiribati. Dengan 9.378 penduduk, Nauru adalah negara dengan penduduk paling sedikit kedua setelah Vatikan.
Awalnya Nauru dihuni oleh suku Mikronesia dan Polinesia. Pada akhir abad ke-19, Nauru dianeksasi oleh Kekaisaran Jerman, dan setelah Perang Dunia I Nauru menjadi mandat Liga Bangsa-Bangsa yang dikelola oleh Australia, Selandia Baru, dan Britania Raya. Selama Perang Dunia II. Nauru dijajah oleh Jepang. Ketika perang berakhir, Nauru kembali menjadi amanat (trusteeship). Nauru mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1968.

4. Tuvalu (26 km2)

Luas : 26 km2/ 10 sq mi
Populasi : 10,837 (sensus 2012)
Lokasi : Samudra Pasifik
Ibukota : Funafuti
Bahasa Resmi : Tuvalu, Inggris
Pemerintahan :  Monarki Konstitusional
- Kepala Negara : Ratu – Elisabeth II, Gubernur Jenderal – Iakoba Italeli (sejak 2010)
- Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri – Enele Sopoaga (sejak 2013)
Mata uang : Dollar Australia, AUD
Domain Internet : .tv
Kode Telepon : +688
Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji.
Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol besar. Populasi penduduk mencapai 10.472 membuatnya menjadi negara berdaulat ketiga terpadat di dunia, dengan Vatikan dan memiliki penduduk lebih sedikit Nauru. Tuvalu mempunyai luas daratan hanya 26 kilometer persegi. Tanah di Tuvalu tidak cocok untuk pertanian dan badan air yang terkurung daratan. Laguna sangat umum ditemukan di tempat ini. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut.

5. San Marino (61.2 km2)

Luas : 61.2 km2/ 24 sq mi
Populasi : 32,576 (estimasi 2012)
Lokasi : Berbatasan dengan region Emilia-Romagna dan Marche, Italia
Ibukota : San Marino
Bahasa Resmi : Italia
Pemerintahan : Republik
- Kepala Negara & Pemerintahan : Wali Kapten / Captain Regent
Mata uang : Euro (€)
Domain Internet : .sm
Kode Telepon : +378
Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.
San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.
Wali Kapten atau Captain Regentadalah sebutan bagi kepala negara di San Marino. Setiap enam bulan sekali, 1 April dan 1 Oktober setiap tahunnya, Great and General Council San Marino memilih dua orang dari dua partai yang beroposisi untuk menjadi kepala negara. Penerapan dua kepala negara ini merupakan salah satu kebiasaan yang diturunkan dari Republik Romawi, yang setara dengan Konsul pada Romawi Kuno.

6. Liechtenstein (160 km2)

Luas : 160 km2/ 61 sq mi
Populasi : 37,132 (estimasi 2013)
Lokasi : Antara Austria dan Swiss, Eropa
Ibukota : Vaduz
Bahasa Resmi : Jerman
Pemerintahan : Monarki Konstitusional
- Kepala negara : Pangeran - Hans-Adam II (sejak 1989)
- Bupati : Alois (sejak 2004)
- Perdana Menteri : Otmar Hasler (sejak 2001)
Mata uang : Franc Swiss (CHF)
Domain Internet : .li
Kode Telepon : +423
Liechtenstein  terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss. Negara kecil ini merupakan negara kedua terkaya di dunia setelah Qatar (berdasarkan pendapatan per kapita), dengan tingkat pengangguran terendah yakni 1,5%. Negara yang terkurung oleh daratan ini terletak di pegunungan Alpen dengan kontur bergunung-gunung dan merupakan destinasi favorit bagi wisatawan yang menggemari olahraga musim dingin. Segala urusan luar negeri negara berbahasa Jerman ini diurus oleh Swiss. Liechtenstein terkenal pula dengan jasa perbankan dan mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, terutama penjualan prangko.

7.  Kepulauan Marshall (181 km2)

Luas : 181 km2/ 70 sq mi
Populasi : 68.000 (estimasi 2009)
Lokasi : Samudra Pasifik
Ibukota : Majuro
Bahasa Resmi : Marshall, Inggris
Pemerintahan : Republik
- Kepala Negara & Pemerintahan : Presiden Christopher Loeak (sejak 2012)
Mata uang : Dollar Amerika, USD
Domain Internet : .mh
Kode Telepon : +692
Republik Kepulauan Marshall atau Marshall Islands terletak di Samudra Pasifik bagian barat yang merdeka dari Amerika Serikat pada than 1986, yang telah diduduki sebelumnya oleh Spanyol, Jerman, dan Jepang sebelum AS menggunakannya sebagai pangkalan uji coba nuklir. Akibatnya, banyak penduduk Marshall yang terkena efek tingkat radiasi tinggi sehingga klaim kompensasi masih berlangsung hingga kini. Negara ini berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara. Kepulauan Marshal terdiri dari gugusan pulau-pulau yang indah dengan atol (pulau karang), air laut yang jernih, dan banyak kapal Perang Dunia II yang tenggelam sebagai atraksi menyelam.

8. Saint Kitts and Nevis (261 km2)

Luas : 261 km2/ 104 sq mi
Populasi : 46,325 (sensus 2011)
Lokasi : Kepulauan Karibia
Ibukota : Basseterre
Bahasa Resmi : Inggris
Pemerintahan : Monarki Konstitusional
- Kepala Negara : Ratu Elizabeth II, Gubernur Jenderal – Edmund Lawrence (sejak 2013)
- Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri – Timothy Sylvester Harris (sejak 2015)
Mata uang : East Caribbean dollar (XCD)
Domain Internet : .kn
Kode Telepon : +869
Federasi Saint Kitts, dan Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Negara ini merupakan negara yang terkecil di Amerika, dalam luasnya, dan jumlah penduduknya. Ibu kota, dan kursi pemerintahan federal bertempat di Pulau Saint Kitts. Pulau Nevis yang lebih kecil wilayahnya berjarak sekitar 3 km sebelah tenggara Saint Kitts.
Saint Kitts, dan Nevis merupakan pulau-pulau pertama di Karibia yang disinggahi orang Eropa. Saint Kitts dahulu adalah rumah bagi perkampungan Inggris, dan Perancis pertama di Karibia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar